Wednesday, July 31, 2019

Materi pembelajaran terbaru memahami prinsip kerja mekanisme katup Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Kelas XI

Materi Pembelajaran Terbaru Memahami Prinsip Kerja Mekanisme Katup Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Kelas XI - Mekanisme katup merupakan serangkaian komponen mesin 4 langkah yang saling berhubungan untuk menggerakan katup masuk maupun katup buang sesuai dengan watu bukaan katup. Pada artikel ini akan membahas tentang mekanisme katup pada mata pelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor paket keahlian teknik dan bisnis sepeda motor.

Gambar Contoh Mekanisme Katup 


Berikut pembahasan tentang Mekanisme katup mesin 4 langkah pada Sepeda Motor

Tujuan Pembelajaran : 
a. Siswa dapat menjelaskan Prinsip Kerja Mekanisme Katup
c. Siswa dapat Menyebutkan jenis penggerak mekanisme katup
b. Siswa dapat menjelaskan nama dan fungsi komponen mekanisme katup


A. PRINSIP KERJA MEKANISME KATUP

   Mekanisme katup merupakan serangkaian komponen mesin 4 langkah yang saling berhubungan untuk menggerakan katup masuk maupun katup buang sesuai dengan watu bukaan katup. sedangkan katup adalah komponen mesin 4 langkah yang berfungsi untuk menutup dan membuka lubang sistem pemasukan campuran bahan bakar maupun sistem pembuangan sesuai waktu bukaannya. ketika mesin hidup, katup bergerak naik turun membuka dan menutup sesuai durasi waktu bukaan yang diatur oleh komponen mekanisme katup. 
    Prinsip kerja mekanisme katup adalah ketika mesin hidup putran poros engkol diteruskan ke camshaft melaui cam chain dan gear cam sprocket. cam shaft tersebut berputar untuk menggerakan rocker arm, gerakan putaran camshaft berubah menjadi gerak naik turun pada rocker arm, sehingga pada saat rocker arm turun batang klep tertekan dan menyebabkan klep terbuka. ketika posisi rocker arm naik, valve spring akan menarik kembali posisi katup ke atas, sehingga kondisi katup tertutup kembali.  gerakan naik turun rocker arm tersebut menyababkan klep intake maupun exhause terbuka dan tertutup. 
    Durasi dan waktu bukaan klep tersebut diatur oleh camshaft melalui bentuk cam. putaran camshaft dengan putaran crankshaft yang dihubungkan oleh cham chain diatur melaui perbangingan jumlah gigi pada cam sprocket. perbandingan jumlah gigi antara gigi penggerak pada crankshaft dan cam sprocket 1 : 2. sehingga ketika poros engkol berputar 1 kali, maka camshaft akan berputar 1/2 putaran.

Video Cara Kerja dan Jenis Mekanisme Katup 


B. TIPE PENGGERAK MEKANISME KATUP

Tipe penggerak mekanisme katup pada umumnya ada empat macam yaitu :
1. Side Valve (SV)

2. Over Head Cam Shaft (OHV)
Ciri pada tipe penggerak katup ini 
- Posisi camshaft berada dibawah  
- Camshaft dan rocker arm dihubungkan oleh push rod
- Tidak menggunakan rantai keteng / cam chain
.  
   Gambar penggerak katup OHV

3. Single Over Head Camshaft (SOHC)
Tipe penggerak ini banyak digunakan pada mesin sepeda motor seperti Mio, Supra series, Shogun, Jupiter Series, Yamaha R 15, Tiger, Mega Pro. Ciri penggerak katup ini adalah : 
- Putaran Crank shaft dihubungkan ke camshaft melalui rantai keteng / cam chain
- Menggunakan satu camshaft 
- Posisi camshaft berada di tengah terletak di cylinder head
- Camshaft menggerakan rocker arm yang kemudian menekan katup
    Gambar penggerak katup SOHC

4. Double Over Head Camshaft (DOHC)
Tipe penggerak katup ini banyak digunakan pada tipe motor dengan volume cylinder yang besar seperti sepeda motor Yamaha R25, CBR, Satria 4, Kawasaki NInja 250, CB 150 dll. Penggerak katup ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 
- Memilik 2 camshaft dan 2 cam sprocket
- Posisi Camshaft terletak pada cylinder head
- Masing-masing katup digerakan langsung oleh camshaft
- tidak menggunakan rocker arm 
Gambar penggerak katup DOHC

C. KOMPONEN MEKANISME KATUP DAN FUNGSINYA

Rangkaian komponen mesin yang saling berhubungan untuk menggerakan dan mengatur buka tutup katup masuk dan buang sesuai durasi dan waktunya disebut mekanisme katup. Komponen - komponen yang termasuk pada mekanisme katup tersebut adalah sebagai berikut : 

1. Cam chain / Rantai keteng 
    Rantai keteng memiliki fungsi sebagai penghubung putaran dari crank shaft ke cam shaf / noken as, saat mesin hidup putaran crank shaft diteruskan oleh cam chain untuk menggerakan mekanisme katup pada cylinder head.

2. Lifter Tensioner 
    Lfter Tensioner berfungsi untuk menjaga / mempertahankan kekencangan ratai keteng, sehingga rantai keteng tetap bekerja dengan baik. Jika kondisi rantai keteng / cam chain kendor maka akan menimbulkan engine noise atau suara tidak norma pada mesin. 
3. Chain Guide / Guide Stoper 
    Chain Guide / Guide stoper berfungsi sebagai penuntun rantai keteng, sehingga gerakan rantai keteng saat bekerja tetap lurus tidak bergerak ke samping.

4. Cam Sprocket
    Cam sprocket berfungsi untuk meneruskan putaran dari crank shaft ke camshaft yang dihubungkan oleh cam chain, jumlah gigi pada cam sprocket 2 kali lebih banyak dari jumlah gigi gear penggerak pada crankshaf. 
5. Cam Shaft / Noken As
    Cam shaft / Noken As berfungsi untuk mengatur waktu bukaan katup intake maupun exhause melalui sudut cam. Ketika mesin hidup maka cam shaft berputar dan menggerakan rocker arm melaui bentuk tonjolan cam.

6. Valve Spring 
    Valve spring berfungsi untuk menarik katup keatas sehingga katup menutup dengan sempurna dan tidak terjadi kebocoran kompresi. valve spring bekerja menarik kembali posisi katup tertutup setelah posisi rocker arm brgerak keatas. 

7. Katup 
    Katup menerima tekanan dan panas yang sangat tinggi sehingga material katup harus memiliki kekuatan yang sangat tinggi. Katup pada mesin 4 tak terdiri dari katup masuk dan katup buang, fungsi katup sendiri adalah menutup dan membuka lubang pemasukan dan pembuangan berdasarkan timing yang diatur oleh camshaft. 
8. Valve Steam seal / Seal Katup 
    Valve steam seal / seal katup berfungsi untuk mencegah kebocoran oli mesin ke ruang bakar, material seal ini terbuat dari karet yang tahan panas 

9. Rocker Arm 
    Rocker arm berfungsi untuk mengubah gerak putar camshaft menjadi gerakan naik turun yang diteruskan ke katup.Rocker arm terpasang pada sebuah pin pada cylinder head. masing - masing katup masuk dan katup buang memiliki satu rocker arm. pada rocker arm terdapat valve adjusting / baud penyetel celah katup sehingga celah antara rocker arm dan ujung batang katup bisa disetel.



Terimaksih sudah mengunjungi web kami, semoga bermamfaat. 

www.gudangimajinasi.com











Comments

1 komentar


EmoticonEmoticon