CARA MEMERIKSA SENSOR SUHU ATAU ECT/EOT PADA SEPEDA MOTOR INJEKSI - Sensor suhu mesin pada sepeda motor injeksi disebut juga ECT (Engine Coolent Temperatur Sensor) atau EOT (Engine Oil Temperatur Sensor). Sensor ini berfungsi mendeteksi atau membaca kondisi suhu mesin yang akan dikirim berupa sinyal ke ECU (Engine Control Unit). Dalam sistem bahan bakar injeksi suhu mesin sangat berpengaruh terhadap jumlah bahan bakar yang disemprotkan oleh injektor. Sehingga suhu mesin harus terdeteksi oleh ECU untuk menghasilkan proses pembakaran yang baik dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.
Gambar Sensor ECT / EOT |
Bagaimana cara memeriksa sensor suhu mesin yang benar ??
Sebelumnya saya sudah jelaskan dasar-dasar sensor injeksi pada artikel Mengenal dasar - dasar sensor pada sepeda motor injeksi, pada kesempatan ini mari kita bahas bagaimana cara memeriksa sensor suhu mesin. berikut langkah - langkah memeriksa sensor suhu mesin :
Alat dan bahan yang dibutuhkan :
- Termometer
- Multimeter
- Air coolent
- Mangkok stainles
- Kunci 17 ring
Berikut langkah memeriksa sensor suhu atau ECT/EOT :
1. Lepaskan sensor ECT dengan kunci ring 17 dari mesin ( Tangani sensor dengan hati-hati jangan sampai terjantuh dan terbentur dengan keras karena benda ini sensitif )
2. Periksa tahanan sensor ECT/EOT dengan cara
- Kalibrasi multitester dengan posisi selektor pada Ω × 100,
- Rendam sensor ECT/EOT pada mangkok stainles yang sudah diisi air coolent kemudian panaskan
- Masukan Termometer untuk memastikan suhu air coolent tsb
- Setelah suhu air coolent mencapai 80 °C , pasangkan terminal multitester ke dua terminal sensor.
- Jika hasil ukur tahanan sensor mencaopai 310–326 Ω, maka sensor tersebut masih normal.
Keterangan Gambar :
1. Sensor ECT
2. Air Coolent
3. Thermometer
BACA JUGA : Belajar multimeter untuk pemula