Thursday, July 4, 2019

Contoh RPP K13 Pembelajaran Teaching Factory Mapel Chasis TSM


RPP K13 pembelajaran Teaching Factory Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor- RPP merupakan Rencana Persiapan Pembelajaran secara tertulis yang menerapkan prinsip pedagogis untuk direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran dikelas, sehingga peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang efektif dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penyusunan RPP dibuat oleh masing-masing guru atau kelompok guru mata pelajaran sebelum awal semester atau sebelum awal pembelajaran dilaksanakan.

SMK merupakan lembaga pendidikan yang berorientasi pada pembentukan kecakapan hidup (life skill), memberikan wawasan pendidikan tentang kewirausahaan, dan melatih peserta didik untuk menguasai keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja dan dunia industri. untuk memenuhi kriteria lulusan SMK yang siap kerja, mempunyai kecakapan hidup yang baik dan hard skill yang baik maka penerapan pembelajaran materi produktif dengan program 
Teaching Factory  sangatlah tepat. Program pembelajaran dengan  Teaching Factory  yaitu dimana siswa diberikan pembelajaran teori  maupun praktek dan diterjunkan langsung untuk menghasilkan sebuah product atau jasa yang memiliki nilai jual pada masyrakat. namun untuk melaksanakan proses pembelajaran teaching factory tersebut kita harus menyiapkan beberapa administrasi pendukung, salah satunya yang paing penting adalah strategi dan analisis TEFA, RPP dan lain-lain. 

Namun pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh bagaimana RPP K13 Teaching Factory. 


Contoh RPP K13 untuk  pembelajaran TEACHING FACTORY produktif Teknik sepeda motor mapel pemeliharaan sasis sepeda motor.






LESSON PLAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 


TEACHING FACTORY




Nama Sekolah          : SMK AL FALAH
Mata Pelajaran        : Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor
Materi Pokok           : Perawatan Berkala Sistem Rem Hidrolik
Kelas/Semester        : Teaching Facctory XI TSM / Gasal

Alokasi Waktu         : 18 x 45 Menit

A. Kompetensi Inti

3. Memahami, Menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
    rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan 
    wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
   kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
   bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
  pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan melaksanakan tugas spesifik
  dibawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar
3.1  Menelaah prinsip kerja sistem rem hidrolik
3.2  Merawat berkala sistem rem hidrolik

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Pengetahuan :
3.2.1 Menjelaskan cara kerja sistem rem hidrolik
3.2.2 Menjelaskan kontruksi sistem rem hidrolik
3.2.3 Menjelaskan teknik perawatam sistem rem hidrolik

Ketereampilan :
4.2.1  Mereflika perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX
4.2.2  Merawat sistem rem hidrolik Yamaha force

D. Tujuan Pembelajaran
1.  Melalui penggalian informasi pada buku modul pembelajaran dan buku yamaha service manual,         peserta didik dapat :
     a. peserta didik dapat menjelaskan cara kerja sistem rem hidrolik dengan percaya diri.
     b. Peserta didik dapat menjelaskan kontruksi sistem rem hidrolik dengan percaya diri.
     c. Pesreta didik dapat menentukan teknik perawatan sistem rem hidrolik sesuai SOP
2. Melaui pengamatan gambar kerja sistem rem hidrolik dan latihan, peserta didik dapat :
    a. peserta didik dapat mereflika perawatan sistem rem hidrolik Yamha Jupiter mx dengan tanggung
        jawab dan percaya diri
    b. Peserta didik dapat merawat sistem rem hidrolik Yamaha Force sesuai tugas dengan benar dan
        tanggung jawab

E. Materi Pembelajaran
    Perawatan sistem rem hidrolik :
    a. Dasar Perawatan sistem rem hidrolik
    b. Item Perawatan sistem rem hidrolik

F. Pendekatan. Model dan Metode
    Pendekatan                : Scientific Learning
    Model Pembelajaran : Production Based Training (PBT)
    Metode/strategi         : Diskusi, tanya jawab, penugasan

G. Kegiatan Pembelajaran 


Kegiatan
Deskripsi
AlokasiWaktu
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam dan mengondisikan kelas
2.      Berdoa
3.      Guru memeriksa kesiapan siswa, antara lain mencakup kehadiran, kerapian, ketertiban, perlengkapan pembelajaran dan kesiapan belajar.
4.      Guru melakukan apersepsi / mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
5.      Guru menyampaikan tujuan dan strategi pembelajaran.
6.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa.
 10 menit
Inti
Merencanakan Produk
Mengamati
·      Guru menanyakan dan menugaskan bagaimana cara melakukan perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX berdasarkan SOP.
·      Siswa mencari informasi mengenai cara melakukan perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX termasuk penjelasannya pada lembaran informasi dan job sheet serta buku pedoman reparasi (BPR)
·      Siswa mendiskusikan hasil bacaannya berkaitan dengan gambar cara perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX serta peralatan yang diperlukan.
·      Berdasarkan hasil diskusi, siswa mengidentifikasi peralatan dan bahan apa saja yang digunakan untuk melakukan perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX
2405 menit
Menanya
·         Guru  menugaskan siswa untuk membuat list peralatan yang diperlukan dalam perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX.
·      Siswa menelaah gambar pada lembar  informasi dan jobsheet /gambar kerja yang dibuat, siswa  membuat langkah-langkah perawatan sistem sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX
·      Berdasarkan langkah kerja yang dibuat, siswa dapat merumuskan tentang apa saja yang dilakukan saat perawatan sistem sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX.
·      Guru menugaskan siswa memeriksa ulang langkah-langkah perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX untuk mendapatkan performa mesin menjadi lebih baik.
·      Siswa memeriksa ulang langkah perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX untuk mendapatkan waktu yang effisien.

Melaksanakan Proses Produksi
Mengumpulkan Informasi
·      Guru menugaskan siswa untuk melakukan perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Force dengan alat dan teknik yang tepat sesuai gambar kerja.
·      Siswa menyiapkan alat untuk melakukan perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Force.
·      Siswa melakukan perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Force dengan teknik sesuai SOP dan mencatat hasil pengukuran pada format yang telah disediakan.

Mengevaluasi Produk /Melakukan Kendali Mutu
Menalar
·      Guru menugaskan siswa memeriksa hasil perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Force.
·      Siswa melakukan pemeriksaan hasil perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Force dan membandingkannya dengan spesifikasi buku pedoman reparasi serta menyimpulkan kondisinya masih memenuhi spesifikasi.
·      Siswa membuat laporan hasil perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Force sesuai dengan gambar kerja pada job sheet.
Mengembangkan rencana pemasaran
Mengkomunikasikan
·      Guru menugaskan siswa membuat draf promosi untuk perawatan sistem rem hidrolik
·      Siswa membuat draf  (rancangan) promosi untuk perawatan sistem rem hidrolik dalam jejaring (daring) dan luar jejaring (luring)
·      Siswa mempromosikan  harga perawatan sistem rem hidrolik dalam jejaring (daring) dan luar jejaring (luring)

Penutup
1.    Guru bersama siswa mengevaluasi kegiatan kerja yang telah dilakukan
2.    Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran tentang perawatan sistem rem hidrolik.
15menit
Kegiatan
Deskripsi
AlokasiWaktu
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam dan mengondisikan kelas
2.      Berdoa
3.      Guru memeriksa kesiapan siswa, antara lain mencakup kehadiran, kerapian, ketertiban, perlengkapan pembelajaran dan kesiapan belajar.
4.      Guru melakukan apersepsi / mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
5.      Guru menyampaikan tujuan dan strategi pembelajaran.
6.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa.
 10 menit
Inti
Merencanakan Produk
Mengamati
·      Guru menanyakan dan menugaskan bagaimana cara melakukan perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX berdasarkan SOP.
·      Siswa mencari informasi mengenai cara melakukan perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX termasuk penjelasannya pada lembaran informasi dan job sheet serta buku pedoman reparasi (BPR)
·      Siswa mendiskusikan hasil bacaannya berkaitan dengan gambar cara perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX serta peralatan yang diperlukan.
·      Berdasarkan hasil diskusi, siswa mengidentifikasi peralatan dan bahan apa saja yang digunakan untuk melakukan perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX
2405 menit
Menanya
·         Guru  menugaskan siswa untuk membuat list peralatan yang diperlukan dalam perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX.
·      Siswa menelaah gambar pada lembar  informasi dan jobsheet /gambar kerja yang dibuat, siswa  membuat langkah-langkah perawatan sistem sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX
·      Berdasarkan langkah kerja yang dibuat, siswa dapat merumuskan tentang apa saja yang dilakukan saat perawatan sistem sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX.
·      Guru menugaskan siswa memeriksa ulang langkah-langkah perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX untuk mendapatkan performa mesin menjadi lebih baik.
·      Siswa memeriksa ulang langkah perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX untuk mendapatkan waktu yang effisien.

Melaksanakan Proses Produksi
Mengumpulkan Informasi
·      Guru menugaskan siswa untuk melakukan perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Force dengan alat dan teknik yang tepat sesuai gambar kerja.
·      Siswa menyiapkan alat untuk melakukan perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Force.
·      Siswa melakukan perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Force dengan teknik sesuai SOP dan mencatat hasil pengukuran pada format yang telah disediakan.

Mengevaluasi Produk /Melakukan Kendali Mutu
Menalar
·      Guru menugaskan siswa memeriksa hasil perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Force.
·      Siswa melakukan pemeriksaan hasil perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Force dan membandingkannya dengan spesifikasi buku pedoman reparasi serta menyimpulkan kondisinya masih memenuhi spesifikasi.
·      Siswa membuat laporan hasil perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Force sesuai dengan gambar kerja pada job sheet.
Mengembangkan rencana pemasaran
Mengkomunikasikan
·      Guru menugaskan siswa membuat draf promosi untuk perawatan sistem rem hidrolik
·      Siswa membuat draf  (rancangan) promosi untuk perawatan sistem rem hidrolik dalam jejaring (daring) dan luar jejaring (luring)
·      Siswa mempromosikan  harga perawatan sistem rem hidrolik dalam jejaring (daring) dan luar jejaring (luring)

Penutup
1.    Guru bersama siswa mengevaluasi kegiatan kerja yang telah dilakukan
2.    Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran tentang perawatan sistem rem hidrolik.
15menit

H. Penilaian, Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan 

1. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian : Observasi, tes tertulis, unjuk kerja,portofolio
b. Prosedur Penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
Observasi
Selama pembelajaran dan saat di lingkungan sekolah
2.
Pengetahuan
a.    Menjelaskan Cara kerja sistem rem hidrolik
b.    Menjelaskan konstruksi sistem rem penggerak hidrolik
c.    Menjelaskan langkah perawatan sistem rem hidrolik.

Tes tertulis

Penyelesaian tugas individu
3.

Keterampilan
  a.     Mereflika perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter Mx.
  b.     Merawat sistem rem hidrolik Yamaha Force sesuai tugas.


Unjuk Kerja

Hasil praktik 
4.
Hasil Laporan ( Portofolio )
a.    Mereflika perawatan sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter Mx.
b.    Merawat sistem rem hidrolik Yamaha Force sesuai tugas.
Portofolio
Hasil laporan Jobsheet

2. Instrumen Penilaian Hasil Belajar
a. Penilaian pengetahuan
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
3.1 Menelaah prinsip kerja sistem rem hidrolik
1.    Cara kerja system rem hidrolik dijelaskan dengan benar
2.    konstruksi sistem rem hidrolik dijelaskan dengan benar


3.    langkah  perawatan sistem rem hidrolik dijelaskan sesuai dengan SOP
1.   peserta didik dapat menjelaskan cara kerja system rem hidrolik dengan percaya diri

2.   Peserta didik dapat menjelaskan Kontruksi sistem rem hidrolik dengan percaya diri.


3.   Peserta didik dapat menetukan teknik perawatan sistem rem hidrolik dengan percaya diri.
B.      
Tes tulis














b.  Soal Test Tulis 

1. Jelaskan bagaimana cara kerja sistem rem hidrolik ?
2. Sebutkan komponen yang terkait dalam sistem rem hidrolik ?
3. jelaskan teknik perawatan sistem rem hidrolik pada kendaraan bermotor sesuai SOP dengan benar ?

c. Kunci Jawaban soal test : 
1. Cara kerja sistem rem hidrolik :
    pada ssat tuas rem ditarik, tekanan minyak rem pada master silinder naik, tekanan tersebut diteruskan ke kaliper cyilinder oleh minyak rem melalui selang rem, sehingga mendorong piston caliper keluar. piston kaliper tersebut mendorong brake pad dan menjepit discbrake sehingga terjadi gesekan yang membuat putaran roda melambat dan berhenti.

2. Yang termasuk komponen sistem rem hidrolik adalah : Handle rem , Master cylinder, Piston master cylinder, selang rem, caliper, brake pad, disk brake.

3. Langkah - langkah perawatan sistem rem hidrolik
  - pemeriksaan master cylinder, periksa kapasitas minyak rem dengan melihat indikator volume minyak rem pada master cylinder, periksa pergerakan dan jarak main bebas handle rem, periksa seal pada master cylinder dari kebocoran, periksa selang rem dari kebocoran, periksa caliper rem, periksa ketebalan brake pad, periksa disk brake dari keausan dan keolengan.

d. penskoran jawaban dan pengolahan nilai
 
No.
(Bobot)
1
(20)
2
(20)
3
(20)
Jawaban dijawab sesuai kunci jawaban
20
20
10
Jawaban dijawab mendekati kunci jawaban
10
10
7
Jawaban dijawab salah
5
5
3
Tidak dijawab
0
0
0






e. Penilaian keterampilan
   Menggunakan job sheet ( jobsheet terlampir)

f. Penilaian Portofolio
 Menggunakan job sheet ( jobsheet terlampir)


3. Remedial dan Pengayaan
a. Remedial 
 Kegiatan remedial diberikan kepada peserta didik yang belum menguasai materi pelajaran dan belum mencapai kompetensi yang telah ditentukan. bentuk yang dilakukan antara lain peserta didik secara terencana mempelajari indikator tertentu pada perawatan berkala sistem rem hidrolik yamaha jupiter MX yang belum dikuasai. Guru menyediakan soal - soal latihan atau pertanyaan yang merujuk pada pemahaman kembali tentang indikator tersebut. Guru kemudian mengadakan uji kompetensi kembali pada materi yang belum dikuasai peserta didik yag bersangkutan.

b. Pengayaan 
Kegiatan pengayaan merupakan kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang telah menguasai materi pembelajaran, yaitu kompetensi perawatan berkala sistem rem hidrolik Yamaha Jupiter MX. dalam pengayaan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara dan pilihan sebagai contoh, peserta didik dapat diberikan bahan bacaan yang relevan dengan materi seperti persoalan-persoalan penyelesaian problem yang terjadi pada perawatan berkala sistem rem hidrolik

J. Media, Alat Bahan dan Sumber Belajar 

1. Media :  Laptop, LCD Proyektor, Gambar kerja
2. Alat / Bahan : Kunci ring 8, 12, 14, 17 . Tang circlip, Tang besar, Palu , sikat kawat, Kunci T 10, Obeng plus, Dial Gauge, Magnetic base, sighmat
3. Sumber belajar : Yamaha Service manual book, Buku YTA Bronze, Buku YTA BMT, Buku pemeliharaan sasis sepeda motor














Comments


EmoticonEmoticon