RPP K13 pembelajaran Teaching Factory Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor yang benar - RPP merupakan Rencana Persiapan Pembelajaran secara tertulis yang menerapkan prinsip pedagogis untuk direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran dikelas, sehingga peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang efektif dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penyusunan RPP dibuat oleh masing-masing guru atau kelompok guru mata pelajaran sebelum awal semester atau sebelum awal pembelajaran dilaksanakan.
SMK merupakan lembaga pendidikan yang berorientasi pada pembentukan kecakapan hidup (life skill), memberikan wawasan pendidikan tentang kewirausahaan, dan melatih peserta didik untuk menguasai keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja dan dunia industri. untuk memenuhi kriteria lulusan SMK yang siap kerja, mempunyai kecakapan hidup yang baik dan hard skill yang baik maka penerapan pembelajaran materi produktif dengan program Teaching Factory sangatlah tepat. Program pembelajaran dengan Teaching Factory yaitu dimana siswa diberikan pembelajaran teori maupun praktek dan diterjunkan langsung untuk menghasilkan sebuah product atau jasa yang memiliki nilai jual pada masyrakat. namun untuk melaksanakan proses pembelajaran teaching factory tersebut kita harus menyiapkan beberapa administrasi pendukung, salah satunya yang paing penting adalah strategi dan analisis TEFA, RPP dan lain-lain.
Namun pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh bagaimana RPP K13 Teaching Factory.
Contoh RPP K13 untuk pembelajaran TEACHING FACTORY produktif Teknik sepeda motor mapel pemeliharaan mesin sepeda motor.
LESSON PLAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEACHING FACTORY
Mata Pelajaran : Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor
Materi Pokok : Perawatan Berkala Sistem Pelumasan
Kelas/Semester : Teaching Facctory XI TSM / Gasal
Alokasi Waktu : 18 x 45 Menit
A. Kompetensi Inti
3. Memahami, Menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan melaksanakan tugas spesifik
dibawah pengawasan langsung.
Kegiatan
|
Deskripsi
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan salam dan mengondisikan kelas
2.
Berdoa
3.
Guru memeriksa kesiapan siswa,
antara lain mencakup kehadiran, kerapian, ketertiban, perlengkapan pembelajaran dan kesiapan belajar.
4.
Guru melakukan apersepsi / mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
5.
Guru menyampaikan tujuan dan strategi pembelajaran.
6.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa.
|
10 menit
|
Inti
|
Merencanakan Produk
Mengamati
· Guru
menanyakan dan menugaskan bagaimana cara melakukan perawatan sistem pelumaan Yamaha Vega ZR berdasarkan
SOP.
· Siswa
mencari informasi mengenai cara
melakukan perawatan sistem pelumasan
Yamaha Vega ZR termasuk penjelasannya
pada lembaran informasi dan
job sheet
serta buku service manual
· Siswa
mendiskusikan hasil bacaannya berkaitan dengan gambar cara perawatan sistem pelumasan Yamaha Vega ZR serta peralatan yang diperlukan.
· Berdasarkan
hasil diskusi, siswa mengidentifikasi peralatan dan bahan apa saja yang digunakan untuk
melakukan perawatan sistem
pelumaan Yamaha Vega ZR
|
2405 menit
|
Menanya
· Guru menugaskan siswa untuk membuat list peralatan yang diperlukan
dalam perawatan sistem pelumaan Yamaha Vega ZR
· Siswa
menelaah gambar pada lembar informasi dan
jobsheet /gambar kerja yang dibuat, siswa
membuat langkah-langkah perawatan
sistem pelumaan Yamaha Vega ZR
· Berdasarkan
langkah kerja yang dibuat,
siswa dapat merumuskan tentang apa saja yang dilakukan saat perawatan sistem pelumaan Yamaha Vega ZR
· Guru
menugaskan siswa memeriksa ulang langkah-langkah perawatan sistem pelumaan Yamaha Vega ZR untuk
mendapatkan performa mesin menjadi lebih baik.
· Siswa
memeriksa ulang langkah perawatan
sistem pelumaan Yamaha Vega ZR untuk mendapatkan waktu
yang effisien.
|
||
Melaksanakan Proses Produksi
Mengumpulkan Informasi
· Guru
menugaskan siswa untuk melakukan
perawatan sistem
pelumaan Yamaha Vixion dengan alat dan teknik yang tepat sesuai gambar kerja.
· Siswa
menyiapkan alat untuk melakukan perawatan sistem pelumasan
Yamaha vixion.
· Siswa
melakukan perawatan sistem pelumasan Yamaha vixion dengan teknik sesuai
SOP dan mencatat hasil pengukuran pada format yang telah disediakan.
|
||
Mengevaluasi Produk /Melakukan Kendali Mutu
Menalar
· Guru
menugaskan siswa memeriksa
hasil perawatan sistem pelumasan
Yamaha vixion.
· Siswa
melakukan pemeriksaan hasil perawatan
sistem pelumasan Yamaha vixion dan
membandingkannya dengan spesifikasi buku pedoman reparasi serta menyimpulkan
kondisinya masih memenuhi spesifikasi.
· Siswa membuat laporan hasil perawatan sistem pelumasan Yamaha vixion sesuai
dengan gambar kerja pada job sheet.
|
||
Mengembangkan rencana pemasaran
Mengkomunikasikan
· Guru
menugaskan siswa membuat draf promosi untuk perawatan sistem pelumasan.
· Siswa
membuat draf (rancangan) promosi untuk perawatan sistem pelumasan dalam jejaring
(daring) dan luar jejaring (luring)
· Siswa
mempromosikan harga perawatan sistem pelumasan dalam jejaring
(daring) dan luar jejaring (luring)
|
||
Penutup
|
1.
Guru bersama siswa mengevaluasi
kegiatan kerja yang telah dilakukan
2.
Guru bersama siswa menyimpulkan
pembelajaran tentang perawatan
sistem pelumasan.
|
15menit
|
H. Penilaian Pembelajaran, Remidial dan Pengayaan
1. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian : Observasi, tes tertulis, unjuk kerja, portofolio
b. Prosedur Penilaian
2. Instrumen Penilaian Hasil Belajar
a. Pengetahuan
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Indikator
Soal
|
Jenis Soal
|
3.6 Menelaah prinsip kerja sistem injeksi
bensin.
|
1. Menjelaskan cara kerja sistem pelumasan
2. Menjelaskan
komponen sistem pelumaan
3. Memahami
fungsi sistem pelumasan
4. Menjelaskan
jenis-jenis kode oli mesin
5. Menjelaskan
cara perawatan berkala sistem pelumasan
|
1.
Peserta didik dapat menjelaskan cara kerja sistem pelumasan
2.
Peserta didik dapat menjelaskan komponen sistem pelumasan.
3.
Peserta didik
dapat menjelaskan fungsi sistem pelumasan
4.
Peserta didik
dapat
menjelaskan kode oli mesin
5. Peserta didik dapat menjelaskan cara perawatan
berkala sistem pelumasan
|
Tes tulis
|
b. Soal Tes Tulis :
1. Jelaskan cara kerja aliran oli pada sistem pelumasan sepeda motor 4 tak !
2. Komponen apa saja yang memerlukan pemeriksaan jika sirkulasi oli mesin tidak normal?
3. Jelaskan pentingnya sistem pelumasan bagi mesin kendaraan bermotor !
4. Jelaskan kode oli mesin berikut ini " SAE 20W-40 SL JASO MA ?
5. Jelaskan Bagaimana perawatan sistem pelumasan pada sepeda motor sesuai dengan SOP. ?
c. Kunci Jawaban Soal test tulis
1. Sirkulasi oli mesin bekerja karena adanya pompa oli yang berfungsi untuk menekan oli atau
mengalirkan oli mesin dari bak oli ke komponen mesin lainnya. oli mesin mengalir dari bak oli
menuju pompa oli, filter oli melalui lubang sirkulasi pada saat mesin hidup.
2.Ketika ada masalahpada sistem pelumasan, maka komponen yang perlu diperiksa adalah volume
oli mesin, filter oli, pompa oli, lubang sirkulasi, gasket atau seal pada mesin
3. karena pelumasan pada kendaraan bermotor berfungsi untuk melumasi/ anti gesek,
mendinginkan, sebagai bantalan, anti karatperapat, dan pembersih komponen didalam mesin
sehingga mesin menjadi tahan lama dan tetap bekerja dengan baik.
4. SAE menunjukan standart kekentalan oli, 20 W artinya titik beku pada suhu dingin, 40 artinya
titik didih pada suhu panas, SL kode yang menunjukan kualitas oli, JASO MA oli untuk tingkat
gesekan yang tinggi
5. Melukan pemeriksaan volume oli mesin, penggantian oli mesin secara berkala, mengganti
saringan oli secara berkala, memeriksa aliran oli
d. Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai
e. penilaian keterampilan
menggunakan job sheet dan lembar penilaian
f. Penilaian Portofolio
menggunakan job sheet ( kolom penilaian terlampir)
3. Remedial dan Pengayaan
I. Media, Alat, Bahan, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. laptop
b. LCD Proyektor
c. Gambar kerja
2. Alat dan Bahan :
Alat : obeng plus, Tang, Kunci T 8, Kunci T 10, Kunci T 12, Kunci ring 10, 12,14,19 dan bak oli
Bahan : bahan bakar, oli mesin , unit sepeda motor Vega ZR
3. Sumber Belajar
a. Yamaha Manual Book
b. Yamaha Training center book
c. Buku pemeliharaan mesin sepeda motor