MATERI PEMBELAJARAN SISTEM KOPLING SEPEDA MOTOR
untuk SMK - Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang menggunakan mesin motor bakar sebagai sumber putaran dan tenaga untuk memutarkan roda belakang. Proses pembakaran bada mesin akan menghasilkan gerak bolak balik piston yang berubah menjadi gerak putar pada poros engkol. Putaran poros engkol tersebut dinamakan putaran mesin. Putaran mesin inilah yang nantinya dibutuhkan untuk menggerakan roda belakang sehingga sepeda motor dapat melaju.
Pada artikel ini saya akan mengulas terlebih dahulu fungsi dan jenis kopling sepeda motor. Sebagai ilustrasi dibawah ini adalah gambar animasi komponen mesin sepeda motoor mulai dari piston sampai dengan sprocket gear penggerak rantai
Apa Fungsi Sistem Kopling Pada Mesin Sepeda Motor ??
Dari ilustrasi gambar kompenen mesin diatas putaran mesin dari poros enggol diteruskan oleh komponen kopling ke pemindah daya yaitu tranmisi yang kemudian di teruskan ke penggerak roda belakang. sistem kopling berperan sebagai penurus putaran dari poros engkol ke sistem pemindah daya. Berikut ini adalah fungsi dari sistem kopling yaitu :
1. Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke transmisi (perseneling) ketika mulai atau pada saat mesin akan berhenti atau memindahkan gigi.
Putaran mesin tidak selamanya terhubung pada sistem pemindah daya / tranmisi, adakalanya sepeda motor harus berhenti dalam kondisi tertentu. misanya, saat kita berada dilampu merah maka kita harus berhenti namun mesin tetap hidup sedangkan transmisi dalam kondisi masuk gigi, disini lah fungsi kopling untuk memutuskan putaran mesin ke tranmisi. ketika lampu hijau, maka kendaraan harus mulai melaju maka sistem kopling akan menghubungkan putaran mesin ke tranmisi.
2. Memperhalus atau mempermudah saat pengoperasian pemindah gigi tranmisi,
Pada saat pengoperasian gigi, putaran mesin harus terputus ke sistem tranmisi supaya perpindahan gear tranmisi mudah dan lebih halus. maka disinilah peran kopling akan memutuskan putaran dari poros engkol ke tranmisi.
3. Meneruskan putaran mesin ke tranmisi secara perlahan - lahan tanpa hentakan,
Pada saat awal start atau awal jalan kopling akan menghubungkan putaran mesin ke tranmisi secara berlahan supaya tidak terjadi hentakan secara mendadak sehingga sepeda motor melaju secara perlahan dengan halus.
Apa saja Jenis Kopling pada Sepeda Motor ??
A. Jenis kopling sepeda motor berdasarkan cara kerjanya :
1. Kopling Manual
2. kopling Otomatis Sentrifugal
B. Jenis kopling berdasarkan kontruksinya
1. Kopling Tipe Piringan / Disk
Tipe kopling manual terdiri dari beberpa plat kopling dan piber kopling seperti pada gambar no 1 diatas.
2. Tipe Kopling Sepatu Sentrifugal
Tipe kopling ini bekerja berdasarkan gaya sentrifugal terdiri dari sepatu sentrifugal dan rumah kopling seperti pada gambar no 2 diatas.
3. Tipe kopling V-belt
Kopling tipe ini terdiri dari puly penggerak dan V Belt, dimana putaran dari poros engkol dari puly Primary ke puly secondary menggunakan sabuk V belt.
nahhh itu adalah fungsi dan jenis kopling pada sepeda motor ,, artikel selanjutnya tentang " Komponen dan Cara Kerja Kopling Sepeda Motor".
biar gak ketinggalan, silahkan ikuti blog ini yaaa..
Terimakasih..
1. Kopling Tipe Piringan / Disk
Tipe kopling manual terdiri dari beberpa plat kopling dan piber kopling seperti pada gambar no 1 diatas.
2. Tipe Kopling Sepatu Sentrifugal
Tipe kopling ini bekerja berdasarkan gaya sentrifugal terdiri dari sepatu sentrifugal dan rumah kopling seperti pada gambar no 2 diatas.
3. Tipe kopling V-belt
Kopling tipe ini terdiri dari puly penggerak dan V Belt, dimana putaran dari poros engkol dari puly Primary ke puly secondary menggunakan sabuk V belt.
nahhh itu adalah fungsi dan jenis kopling pada sepeda motor ,, artikel selanjutnya tentang " Komponen dan Cara Kerja Kopling Sepeda Motor".
biar gak ketinggalan, silahkan ikuti blog ini yaaa..
Terimakasih..